Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia... 4 Aplikasi Terpopuler untuk Memantau Pasar Saham!

Kompas.com - 04/11/2015, 07:43 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone tak lagi sekadar menjadi alat komunikasi atau sarana berinteraksi di media sosial. Pergerakan harga saham di pasar keuangan pun kini bisa mudah dipantau lewat peranti ini.

Beragam aplikasi pemantau harga saham berbasis Android sekarang bertebaran. Memantau perubahan harga saham dalam hitungan detik bukan lagi persoalan, sejalan dengan teknologi seluler dan gadget. 

Berikut ini sejumlah aplilkasi tersebut:

1. IDX mobile

IDX mobile akan menyediakan informasi secara real time mengenai running trade, order book, stock watch hingga stock quotes. Setelah mendaftar, pengguna akan mendapat email verifikasi berupa kode untuk masuk ke aplikasi ini.

Pada awalnya pengguna akan disuguhi sembilan menu bar dengan gambar ikon sesuai fungsinya. Ikon itu antara lain menu index, stock, news, virtual trading, portofolio, message, setting, notify dan menu ikon sign out.

Yang menarik dari IDX berbasis Android ini adalah Anda dapat memantau indeks harga saham dilengkapi dengan perubahan data secara real time. Pergerakan indeks tersebut terkoneksi langsung dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Info Saham Bursa Efek

Dengan mudah melalui aplikasi ‘Info Saham Bursa Efek’ ini secara update akan menampilkan pergerakan pasar saham sesuai yang dibutuhkan. Penggunaannya pun secara otomatif terkoneksi dengan BEI dan tidak memerlukan proses registrasi.

Cukup download dan mulai menjalankan maka selanjutnya muncul tiga menu utama, yaitu global, regional dan news. Bila memilih menu global akan memperlihatkan pergerakan indeks harga saham seluruh dunia berbentuk tabel.

Namun, jika memilih menu regional terdapat beberapa pilihan menu lagi mengenai indeks saham regional hingga pergerakan saham paling aktif ataupun terpopuler. Lalu, ada berita ter-update membahas mengenai info harga saham terkini. 

Data pada aplikasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Nilai dan kontennya pun bersifat dinamis dan berubah setiap waktu. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ketinggalan informasi pasar saham setiap harinya.

Shutterstock Ilustrasi
3. Poems

Aplikasi pemantau pasar saham lainnya yaitu bernama Poems. Dengan menggunakan sistem online trading, aplikasi ini cukup populer berkembang dikalangan para investor dalam memonitor pergerakan harga saham secara real time.

Hanya saja bagi tidak bisa sembarang login ke aplikasi ini, karena dikhususkan untuk para nasabah ‘Poems’ yang telah terdaftar. Namun pada laman muka aplikasi ini sudah menampilkan nilai pergerakan kurs secara update.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com