Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balas E-mail di Gmail Tak Perlu Mengetik

Kompas.com - 04/11/2015, 20:18 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google baru saja merilis fitur Smart Reply untuk layanan surat elektronik Inbox miliknya. Fitur tersebut berfungsi membuat orang bisa membalas pesan tanpa harus mengetik.

Fitur Smart Reply ini cukup unik. Bentuknya bukan berupa template jawaban yang sudah siap dipakai seperti lazim ditemui pada e-mail atau pesan singkat.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (4/11/2015), Smart Reply akan membaca dulu isi e-mail yang masuk. Setelahnya fitur tersebut akan merekomendasikan tiga jawaban untuk dipilih.

Dengan cara demikian, pengguna bisa lebih cepat memberikan jawaban yang relevan dengan konten.

Jika e-mail yang masuk berisi tulisan yang panjang dan rumit, pengguna tetap mendapatkan rekomendasi jawaban-jawaban pendek. Tinggal pilih saja dari rekomendasi tersebut sementara menyusun jawaban selengkapnya.

Ide utama fitur ini adalah membuat orang lebih mudah membalas e-mail dan tidak perlu mengetik lagi.

Aplikasi Inbox sendiri merupakan e-mail client buatan Google yang terdapat di Android serta iOS. Sebelumnya aplikasi ini cuma bisa dicoba oleh pengguna yang mendapatkan undangan khusus. Tapi kini Google sudah membuatnya tersedia untuk umum, baik di iOS atau Android.

Beberapa fitur unggulan aplikasi ini adalah pin yang menandai level urgensi sebuah e-mail. Pengguna juga bisa menyingkirkan e-mail tertentu sehingga tidak akan muncul dalam kotak surat dalam waktu yang ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com