Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antivirus Bisa Potret Pencuri Laptop dengan Kamera Depan

Kompas.com - 06/11/2015, 08:37 WIB
Jessi Carina

Penulis

JIMBARAN, KOMPAS.com — Fitur anti-maling dalam antivirus Eset Smart Security 9 bisa memotret sosok orang yang diduga mencuri laptop kita. Caranya, kita hanya perlu mengaktifkan pilihan tersebut melalui aplikasi tersebut.

Technical Consultant PT Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan, fitur ini sebenarnya sudah lama tersedia dalam antivirus keluaran Eset. Jika kita mengaktifkan fitur ini, sejumlah proteksi akan langsung diaktifkan begitu laptop kita hilang.

"Kalau laptop hilang, kita langsung saja ke my.eset.com. Laporkan kalau laptop kita hilang," ujar Yudhi di Jimbaran, Bali, Rabu (4/11/2015).

Awalnya, fitur anti-theft tidak aktif ketika laptop kita digunakan secara offline. Namun, ketika online, fitur tersebut di laptop kita akan langsung aktif. Kamera depan atau webcam akan langsung menyala dan memotret sosok pengguna laptop kita.

Karena itu, kita bisa mengetahui wajah orang yang sedang menggunakan laptop kita. Selain itu, laptop kita juga akan langsung terkunci sama sekali. Pemakai laptop kita tidak bisa mengakses apa pun.

Posisi laptop kita juga bisa diketahui. Semua informasi mengenai itu semua akan dikirim ke e-mail kita. "Ketika laptop menyala dan online, semua langsung bekerja," ujarnya.

Yudhi mengatakan sudah sejak lama ada malware yang akan mengaktifkan webcam. Cara kerja malware tersebut bisa diadaptasi untuk membuat proteksi keamanan laptop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com