Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LTE-LAA, Langkah Awal XL Menuju 5G

Kompas.com - 06/11/2015, 16:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah penyelesaian proses refarming jaringan 4G di frekuensi 1800 MHz, XL Axiata bergerak cepat menyasar teknologi baru yang mekanismenya serupa implementasi jaringan 5G.

Bekerja sama dengan Ericsson, XL bakal menghadirkan akses 4G berkecepatan hingga 300 Mbps atau bisa disebut jaringan 4,5G. Hal tersebut dimungkinkan dengan menggabungkan teknologi Long Term Evolution (LTE) dengan License Assisted Access (LAA).

"Persis sekali penerapannya dengan 5G nantinya. Jadi semua jenis frekuensi digabungkan untuk menghasilkan kecepatan internet maksimum," kata Head of Network Planning XL Axiata Rahmadi Mulyohartono, Jumat (6/11/2015) di Grha XL, Mega Kuningan, Jakarta.

Dalam hal ini, penggabungan teknologi LTE dan LAA akan dilakukan dengan mengkombinasikan frekuensi milik operator (licensed) dengan frekuensi bebas (unlicensed).

Yakni menggabungkan frekuensi XL 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz, dengan frekuensi yang biasanya digunakan untuk layanan Wi-Fi di 5 GHz.

Dengan begitu, bisa dibilang implementasi 4G LTE-A LAA ini sebagai langkah awal XL menuju penerapan jaringan 5G. Komersialisasi LTE-LAA sendiri ditargetkan siap pada Maret 2016 mendatang.

Ericsson berperan sebagai penyedia BTS yang mengakomodir teknologi tersebut. Namun, sebelum siap diluncurkan resmi, XL terlebih dahulu bakal berdiskusi dengan pemerintah terkait regulasinya.

"Kami sedang dalam tahap pembicaraan dengan Kemenkominfo agar penerapan ini tetap mematuhi aturan yang berlaku," kata Rahmadi.

XL optimis adopsi teknologi 4G LTE-A LAA akan cepat diterima masyarakat. Juni tahun depan, kata Rahmadi, para vendor sudah mulai memproduksi handset yang mendukung teknologi jaringan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com