Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Comic Con Digelar untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 14/11/2015, 15:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekian lama dinanti, Indonesia Comic Con (ICC) akhirnya digelar untuk pertama kalinya di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan.

Ajang berkumpulnya para seniman dan penikmat budaya populer ini akan berlangsung selama dua hari, mulai hari ini, Sabtu (14/11/2015) hingga Minggu (15/11/2015).

ICC menghadirkan 160 eksibitor dari enam negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Italia dan Amerika Serikat. Kesemuanya akan unjuk gigi di ranah komik, mainan, game, musik, film, cosplay, serta hal-hal lainnya terkait budaya populer.

Diketahui, ICC merupakan inisiasi gabungan dari ReedPOP dan Reed Panorama Exhibitions. Sebelum di Indonesia, acara serupa telah rutin digelar di New York, Australia, India, Paris dan Vienna.

General Manager Reed Exhibiton James Boey yakin ICC akan jadi perayaan budaya populer terbaik di Indonesia. Sebab, ICC tak hanya mengakomodir budaya populer asal Timur, namun juga memadukannya dengan budaya Barat.

"Aneka pertunjukan, persembahan-persembahan unik dari eksebitor, serta ikon-ikon budaya populer bakal menyediakan akhir pekan yang penuh kesan," kata dia pada acara pembukaan ICC.

Tokoh-tokoh internasional terkemuka yang akan menambah keramaian ICC antara lain penulis best seller New York Times David Mack, aktor kawakan Kenji Ohba dan seniman tanah liat Hitomi Okada.

Adapula beberapa pertunjukkan menarik, antara lain seni freestyle dari Secret Walls, musik vocaloid dari sasakure.UK serta setlist musik teranyar dan eksklusif dari TAMUSIC.

Tak lupa, untuk pertama kalinya pula, akan digelar "Championships of Cosplay" dalam rangkaian acara ICC. Akan ada ikon cosplay dalam negeri Pinky Lu Xun dan Oktavianus Rizky yang bertindak sebagai juri.

Para pemenang nantinya akan mewakili Indonesia ke kompetisi "Crown Championship of Cosplay di ajang Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2) 2016 di Chicago, AS.

Bagi kamu yang belum berkunjung, tiket ICC masih bisa dibeli secara online ataupun langsung bertandang ke Hall B JCC. Satu tiket dihargai Rp 90.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com