Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Asus Rilis Kacamata Augmented Reality

Kompas.com - 15/11/2015, 10:38 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Pasar kacamata berbasis augmented reality tampaknya sangat menjanjikan. Buktinya, perusahaan teknologi sekelas Asus berminat untuk bermain di industri itu.

Informasi mengenai bakal bergabungnya Asus ke pasar tersebut diungkapkan langsung oleh sang CEO, Jerry Shen, dalam laporan keuangan terbarunya.

Menurut Shen, konsumen sudah bisa melihat produk kacamata augmented reality Asus setidaknya pada tahun 2016 mendatang.

"Seharusnya tahun depan saat kami mengeluarkan sebuah produk (kacamata augmented reality)," ujar Shen, seperti KompasTekno rangkum dari Cnet, Kamis (12/11/2015). Sayangnya, masih belum diketahui waktu pasti peluncuran tersebut.

"Kami rasa, augmented reality akan sangat penting untuk hidup orang-orang," tambahnya.

Masih belum jelas produk kacamata seperti apa yang bakal dirilis oleh Asus. Sebelumnya, raksasa komputer asal Taiwan ini dikabarkan bakal membantu Microsoft dengan merilis HoloLens, tetapi dalam versi yang lebih murah.

Belum diketahui, apakah produk yang dimaksud Shen adalah produk "bantuan" tersebut atau benar-benar produk baru.

HoloLens sendiri merupakan kacamata augmented reality buatan Microsoft. Ia akan dirilis juga pada tahun 2016 mendatang dengan harga 3.000 dollar AS atau sekitar Rp 40,7 juta, khusus untuk developer.

Kacamata berbasis augmented reality itu bakal mampu menampilkan grafis 3D di layar transparan.

Tampilan grafis 3D disesuaikan dengan arah pandangan mata, serta konteks lingkungan dan obyek-obyek di sekitar penggunanya.

Kacamata tersebut berbeda dengan headset virtual reality, seperti Oculus Rift milik Facebook. Perangkat seperti ini mampu menampilkan dunia digital yang membawa penggunanya seakan masuk ke dunia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com