Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emoji "Menangis Bahagia" Jadi Kata Terpopuler 2015

Kompas.com - 17/11/2015, 20:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber WSJ

KOMPAS.com - Lagi-lagi, kata dikalahkan oleh emoji. Tahun 2014 lalu, predikat kata terpopuler diemban emoji "hati".

Kali ini, menurut Oxford Dictionaries, giliran emoji "menangis bahagia" yang kebagian gelar tersebut, sebagaimana dilaporkan WSJ dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/11/2015).

Hal ini semakin menegaskan dominasi emoji dalam menunjang komunikasi sehari-hari. Terutama dalam obrolan maya, lewat beragam aplikasi instant messaging.

"Kau bisa lihat bagaimana susunan alfabet berusaha tetap eksis, menyusul maraknya komunikasi yang menuntut visualisasi di abad 21 ini," kata Presiden Oxford Dictionaries Casper Grathwohl.

Fenomena ini tak mengejutkan, kata Grathwohl, mengingat emoji berperan lebih besar dalam mengakomodir ekspresi manusia lewat layar ponsel atau PC.

"Emoji lebih fleksibel, sederhana dan menarik secara visual. Maknanya juga lebih kaya dalam berkomunikasi," kata Grathwohl.

Diketahui, emoji merupakan ideogram alias gambar atau icon digital kecil yang dipakai sebagai bagian dari teks untuk mengungkapkan perasaan penulisnya. Sejak muncul di Jepang menjelang akhir abad ke-20, penggunaan emoji telah meluas ke seluruh dunia.

Tahun 2014 tercatat dalam sejarah sebagai tahun pertama di mana kata terpopuler diemban oleh sebuah emoji. Tahun ini hal tersebut terjadi lagi. Apakah tren ini akan terus berlanjut?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WSJ

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com