Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Makna Indonesia di Mata Google

Kompas.com - 18/11/2015, 10:05 WIB

Tulisan ini adalah bagian dari mini seri "Tiga Hari di Silicon Valley”, sebuah rangkaian tulisan yang mencoba mengurai beberapa pengalaman dan pelajaran dari kunjungan ke Google, sang raksasa Silicon Valley, yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

KOMPAS.com - Mungkin karena bertepatan dengan rencana kunjungan Presiden Indonesia ke Silicon Valley atau memang karena berhadapan dengan media dari Indonesia, hampir semua petinggi Google yang ditemui sempat membicarakan Indonesia.

Dalam bincang santai sebelum peresmian kerjasama Project Loon dengan operator telekomunikasi Indonesia, pendiri Google Sergey Brin pun sempat berkata bahwa ia ingin mengunjungi Indonesia.

“Saya kira, meski jarak fisik dari sini ke Indonesia sangat jauh, tapi secara emosional jaraknya menjadi semakin dekat,” tutur Brin saat memberikan sambutan di peresmian tersebut.

Satu dari Tiga Negara Penting

Di kesempatan yang berbeda, Caesar Sengupta, VP Product Management Google, mengatakan bahwa Indonesia adalah satu dari tiga negara paling penting dalam upaya pengembangan Google.

Upaya bertajuk “The Next Billion User Effort” adalah sebuah inisiatif dari Google untuk menjangkau pengguna lebih banyak lagi yang selama ini belum mereka raih. Tiga negara yang dianggap penting untuk upaya ini mencakup Indonesia, India dan Brazil.

Caesar mencontohkan, ada beberapa fitur pada produk Google yang diluncurkan terlebih dahulu di Indonesia sebelum menjangkau wilayah lain. Search Lite, misalnya, pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

YouTube Offline, yang memungkinkan video YouTube disimpan sementara di perangkat pengguna, juga luncur awalnya di Indonesia.

Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara awal yang mendapatkan perangkat Android One, dengan empat pemanufaktur lokal sebagai rekanan: Nexian, Evercoss, Mito dan Infinix.

Kaya Konten

Ben Gomes, VP Engineering dan Google Fellow, pun sempat menyebutkan Indonesia dalam penjelasannya. Saat menjelaskan Knowledge Graph, Gomes menjelaskan bahwa mesin pencari Google harus mampu memahami adanya negara bernama Indonesia dan bahwa Joko Widodo adalah presidennya dan hal-hal lain yang terkait.

Kemampuan mesin Google untuk memahami informasi tersebut, dan konteks serta keterhubungannya dengan informasi lain, memungkinkan mereka untuk menghadirkan hasil pencarian yang relevan tentang Indonesia.

“Indonesia untungnya memiliki banyak konten berbahasa Indonesia, bandingkan dengan India yang punya masalah berbeda karena banyak sekali penduduk berbahasa Hindi tapi konten dalam bahasa itu sulit ditemukan,” ujarnya.

Jen Fitzpatrick, VP Google yang bertanggungjawab soal produk pemetaan seperti Maps, juga menyebut Indonesia sebagai wilayah yang menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com