Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Ingin Internet 4G LTE Tidak Pakai Kuota

Kompas.com - 18/11/2015, 10:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, paket internet baik 4G LTE atau yang lainnya terdiri dari pilihan berdasarkan jumlah kuota data yang diterima. Namun di masa yang akan datang, hal ini saja berubah menjadi berdasarkan jenis konten yang diakses.

Pendapat tersebut diungkap oleh Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk. (XL) Dian Siswarini, saat ditemui usai acara peresmian 4G LTE untuk Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Dian menceritakan bahwa mereka tengah menyiapkan sebuah layanan konten untuk pengguna 4G LTE XL. Rencananya layanan tersebut akan dirilis pada 2016 mendatang.

Kendati enggan menceritakan detil yang dimaksud, bos XL itu meyakini bahwa layanan konten tersebut akan jadi salah satu aspek pendorong tumbuhnya ekosistem 4G LTE di Tanah Air.

Dan untuk membuat pengguna internet cepat mereka betah mengakses layanan konten itu, XL mempertimbangkan kemungkinan penerapan paket 4G LTE berdasarkan jenis konten, misalnya video, musik dan lainnya.

"Seharusnya, layanan 4G tak perlu lagi berdasarkan kuota, tetapi berdasarkan konten. Misalnya, paket konten game, konten musik, atau aplikasi. Karena kalau berdasarkan kuota, misalnya 3 GB, itu akan terasa lebih cepat habis seiring koneksi 4G yang lebih cepat," ujarnya, Selasa (17/11/2015).

Konsep layanan 4G berdasarkan konten itu, menurut wanita berkacamata ini, dipertimbangkan menurut perilaku pelanggan. Artinya, pelanggan dapat memanfaatkan kuota data yang dimiliki khusus untuk layanan yang ingin mereka gunakan.

"Konsep semacam ini justru sudah diterapkan di Korea Selatan, Filipina dan Amerika Serikat juga. Kuota itu sudah tidak matter lagi saat ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com