Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Siapkan Fitur Mirip Kickstarter

Kompas.com - 20/11/2015, 10:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook sedang menguji coba sebuah fitur penggalangan dana lengkap dengan tombol Donasi di halamannya.

Dengan fitur tersebut, organisasi atau komunitas bisa mengajukan crowdfunding langsung dari laman jejaring sosial tersebut mirip layanan dari Kickstarter.

"Hari ini kami menguji Fundraiser, sebuah alat penggalang dana dan meningkatkan kinerja tombol Donasi, sehingga orang-orang bisa memberikan sumbangan tanpa harus keluar dari Facebook," tulis Vice President of Product Management Facebook Naomi Gleit dalam blog resminya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Facebook Newsroom, Kamis (19/11/2015), Fundraiser dibuat sebagai wadah penggalangan dana bagi organisasi non profit, melalui halaman Facebook mereka.

Menggunakan alat tersebut, mereka bisa menceritakan alasan kampanye, mengumpulkan pendukung, mengumpulkan donasi, serta melacak tahap demi tahap mewujudkan target yang sudah dicanangkan.

Orang-orang bisa memberikan sumbangan dengan cara sederhana lalu membagikan informasi donasi tersebut kepada teman-temannya. Informasi yang dibagikan pun dilengkapi dengan tombol Donasi sehingga siapapun bisa dengan mudah ikut menyumbang.

Tombol Donasi tersebut juga bisa disematkan di Facebook Pages dan konten yang diunggah ke halaman milik masing-masing organisasi.

Saat ini raksasa jejaring sosial tersebut telah bekerja sama dengan total 37 organisasi, diantaranya adalah Mercy Corps, National Multiple Sclerosis Society serta Word Wildlife Fund.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com