Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Bakal Punya Komputer Paling Cepat di Dunia

Kompas.com - 20/11/2015, 12:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber PCWorld

KOMPAS.com - Jepang akan menghadirkan komputer tercepat di dunia pada 2020 mendatang. Itulah klaim negara Sakura tersebut, sebagaimana dilaporkan PCWorld dan dihimpun KompasTekno, Kamis (19/11/2015).

Seberapa hebat spesifikasi komputer tersebut belum dijelaskan secara detil. Namun, sebagai gambaran, komputer itu akan 100 kali lebih mumpuni ketimbang komputer "K".

Diketahui, komputer "K merupakan komputer ketiga tercepat di dunia, menurut "Top 500 list of Supercomputer".

Komputer itu dipersenjatai prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah dan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

FLOPS atau floating-point operations per second adalah satuan pengukur kinerja komputer dalam hal berapa banyak kalkulasi matematis yang dilakukan dalam satu detik. 1 petaFLOPS setara dengan 1 quadriliun (1.000.000.000.000.000) kalkukasi matematis per detik.

Komputer "K" dikembangkan oleh Fujitsu dan institusi penelitian Jepang RIKEN, yang juga bakal menggodok komputer paling cepat ala Jepang keluaran 2020 mendatang.

Komputer masa depan tersebut merupakan proyek nasional Jepang dengan nama "Flagship2020". Tampaknya, Jepang tak ingin kalah dari China dan Amerika Serikat yang juga tengah gencar menelurkan komputer paling cepat.

Sebagai informasi, komputer paling cepat saat ini dikembangkan oleh China, yakni Tianhe-2. Komputer tersebut memiliki kecepatan hingga 54,9 petaFLOPS.

Sementara itu, departemen energi AS juga tengah menggodok komputer bertajuk "Aurora" yang ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Komputer itu dikatakan berkecepatan 180 petaFLOPS.

Komputer-komputer tercepat dari ketiga negara, jika sesuai jadwal, sudah bisa diperkenalkan dalam kurun tahun 2018 hingga 2020.

Pengembangan komputer tecepat tak hanya soal ego tiap negara, tapi juga untuk menumbuhkan ekonomi, persenjataan dan program-program ilmu pengetahuan yang berguna bagi inovasi teknologi masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCWorld
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com