Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Berantas Aksi "Stalking" Mantan Pacar

Kompas.com - 20/11/2015, 13:50 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan pasangan kekasih yang sudah berpisah adalah masih memantau postingan atau linimasa sang mantan (sering diistilahkan dengan "kepo" atau stalking).

Kini tidak perlu khawatir dan kebingungan memilah-milah informasi Facebook hanya karena ketakutan dipantau oleh mantan kekasih. Pasalnya media sosial buatan Mark Zuckerberg itu bakal merilis fitur "pengendali mantan".

Selama ini, Facebook memang menjadi wadah untuk menampilkan dan mencatat berbagai momen penting. Dari foto-foto perjalanan, catatan hingga sekadar lontaran ide yang melintas di kepala penggunanya.

Tentu saja, ketika hubungan cinta berakhir, ada sejumlah hal yang Anda ingin posting tanpa harus khawatir dilihat oleh mantan kekasih.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Newsroom Facebook, Jumat (20/11/2015), atas alasan tersebut, Facebook tengah menguji fitur yang bisa mengendalikan informasi-informasi yang bisa dilihat oleh mantan.

"Mulai hari ini, kami menguji fitur yang bisa membantu pengguna mengatur interaksinya dengan mantan kekasih di Facebook, setelah hubungan mereka putus," tulis Product Manager Facebook Kelly Winters.

"Setelah pengguna mengubah status hubungan mereka di Facebook, sebagai tanda bahwa mereka telah putus, akan ditawarkan untuk mencoba menggunakan fitur ini," imbuhnya.

Ketika fitur tersebut aktif, informasi-informasi untuk si mantan akan dibatasi. Ia bisa hanya melihat nama serta foto mantan pasangannya, tetapi tidak dapat melihat informasi lain.

Hal-hal tertentu yang diunggah ke Facebook, misalnya status, foto atau video, tidak akan muncul di linimasa mantan kekasih. Nama Anda juga akan hilang dari sistem rekomendasi yang biasanya muncul saat mantan sedang mengirim pesan serta sedang mengatur tag pada foto miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com