Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anonymous Beberkan Langkah-langkah "Nge-hack" ISIS

Kompas.com - 20/11/2015, 21:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Kelompok hacker Anonymous merilis sejumlah panduan untuk menemukan dan menjebol situs yang terkait kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pasca-tragedi penembakan dan pengeboman di kota Paris, Perancis, Anonymous memang mendeklarasikan perang cyber terhadap ISIS. Mereka mengajak orang untuk turut serta dalam kampanye Operation Paris (OpParis) yang bertujuan menyerang situs dan media sosial milik kelompok teroris tersebut.

Total ada tiga panduan yang mereka rilis ke kanal Internet Relay Chat (IRC). Pertama, yaitu NoobGuide tentang cara meretas, panduan "Reporter" tentang cara membuat bot Twitter yang berguna untuk mengungkap akun ISIS, serta panduan "Searcher" tentang cara menemukan situs-situs terkait ISIS.

Sejak Minggu lalu, OpParis sudah berhasil menumbangkan lebih dari 5.500 akun Twitter yang berhubungan dengan kelompok teroris.

"Daripada cuma duduk bengong di (kanal) obrolan atau berkeliaran tanpa melakukan apa pun, Anda bisa mendapat hal besar dari alat-alat berbeda serta panduan yang sudah kami berikan," tulis salah satu anggota kelompok hacker itu.

"Kontribusi Anda sangat bermakna dan kami berharap Anda mau ikut serta dalam seluruh aktivitas Op jika memungkinkan, lebih banyak lebih baik," imbuhnya.

Seperti dilansir KompasTekno dari International Business Time, Kamis (19/11/2015), berikut ini panduan untuk menemukan situs yang terkait dengan ISIS.

1. Pertama, instal aplikasi Python di komputer Anda, kecuali jika Anda sudah memiliki program tersebut.

2. Buka Terminal atau Command Prompt (Windows), dan ketik Python.

3. Kemudian copy konten yang ada dalam tautan ini dan paste ke dalam Command Prompt, kemudian tekan Enter.

Isinya adalah beberapa materi pencarian yang berhubungan dengan ISIS serta konten milik kelompok teroris itu. Materi pencarian tersebut bisa mengarahkan hasil pencarian supaya lebih spesifik.

4. Kemudian pilih serangkaian karakter (disarankan untuk menggunakan "3") dari daftar yang ada. Contohnya bisa menggunakan 3+38+46.

5. Setelah memilih, lanjutkan dengan memasukkan karakter (tanpa tanda kutip) "print(str3+str38+str42)" dan salin hasil yang muncul.

6. Tempel hasil tersebut dalam tautan ini, kemudian analisis hasilnya dalam terjemahan. Disarankan untuk memakan Google Chrome yang memiliki fitur penerjemah terintegrasi.

7. Masukkan alamat mana pun yang valid ke kanal komunikasi dan kami yang akan melakukan tindakan berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com