Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Router Wireless MU-MIMO Pertama Dunia Masuk Indonesia

Kompas.com - 25/11/2015, 09:01 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Linksys secara resmi merilis perangkat Wi-Fi router terbarunya bernama Max-Stream AC2600 MU-MIMO Gigabit Router atau dikenal juga dengan nama EA8500 di Indonesia, Selasa (24/11/2015).

Perangkat ini bukanlah Wi-Fi router biasa. Ia adalah Wi-Fi router pertama di dunia yang sudah mendukung teknologi jaringan Multi User, Multi Input Multi Output (MU-MIMO).

Selain itu, Linksys EA8500 juga tercatat sebagai perangkat router pertama yang mendukung teknologi tersebut di Indonesia.

"Linksys menjadi brand pertama yang merilis Wi-Fi MU-MIMO di Indonesia," ujar Jaimohan Thampi, Head of Networking BU, International Markets for Linksys, di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Lantas, apakah MU-MIMO itu? Ia dikembangkan oleh Qualcomm dan digadang-gadang sebagai teknologi jaringan generasi berikutnya.

Menggunakan teknologi tersebut, sebuah router dikatakan dapat berkomunikasi dengan beberapa perangkat sekaligus dalam satu waktu dengan lebih stabil. Kecepatan internet yang dikirimkan ke beberapa perangkat itu pun relatif sama.

Misalnya, di lingkungan rumah ada lima gadget yang terhubung ke router tersebut. ‎Nantinya, menggunakan router dengan fitur MU-MIMO, perangkat tersebut bisa sama-sama mendapat kecepatan internet 5 Mbps, contohnya.

Teknis jaringan tersebut memang berbeda dari router tradisional. Teknologi yang ada saat ini hanya mengizinkan router untuk berkomunikasi dengan satu perangkat saja dalam satu waktu.

Oleh karena itu, biasanya perangkat kedua dan seterusnya akan mendapatkan kecepatan internet yang berbeda-beda karena router harus berbagi fokus ke banyak perangkat dalam satu waktu.

"Di dunia konvensional, pada setiap milidetik, router akan berbicara ke banyak perangkat sekaligus. Tentunya ini tidak efisien," kata Thampi.

Linksys EA8500 sendiri dilengkapi dengan teknologi Qualcomm MU EF MU-MIMO. Menggunakan teknologi itu, router EA8500 diklaim mampu menyajikan kecepatan 3 kali lebih tinggi dibanding teknologi Wi-Fi saat ini.

Selain itu, router ini didukung dengan chipset 2,4 GHz dual-core dan empat port Gigabit.

Ada juga port USB 3.0 dan combo USB 2.0/eSATA. Port tersebut bisa dicolokkan dengan harddisk untuk memancarkan berbagai file multimedia ke perangkat lain.

Router Linksys EA8599 ini sudah tersedia di beberapa retailer Indonesia dengan harga Rp 4,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com