Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipenjara 44 Tahun, Pria Ini Takjub Lihat Smartphone

Kompas.com - 27/11/2015, 09:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Al Jazeera

KOMPAS.com - Empat dekade silam, sewaktu teknologi belum masuk ke kehidupan manusia semasif hari ini, pria bernama Otis Johnson dipenjara. Ia didakwa atas percobaan pembunuhan.

Kala itu Johnson berusia 25 tahun. Ia harus membayar 44 tahun hidupnya di balik jeruji. Kini, di usia 69 tahun, pria itu kembali menghirup udara bebas.

"Banyak hal berubah," ujarnya dalam wawancara bersama Al Jazeera, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (26/11/2015).

Johnson terkesiap melihat perilaku orang-orang yang lalu-lalang di kawasan Times Square, New York, AS. Mereka yang berjalan sungguh cepat, mengetik di layar smartphone tanpa melihat sekeliling, serta memasang headset di telinga.

Johnson takjub karena orang-orang itu (dan barangkali kita) tampak berbicara sendiri sembari terus berjalan. "Ada sesuatu terpasang di telinga mereka," ia heran.

Johnson sempat menganggap semua orang kini berprofesi sebagai CIA. Bagaimana tidak, pada tahun 60-an hingga 70-an, hanya agen intelijen yang terlihat sudah mengoperasikan headset.

Tak berhenti sampai di situ, Johnson juga menganggap iklan TV pada layar billboard adalah sesuatu yang menakjubkan. Ia benar-benar merasa teralienasi dan tak kenal dunia luar.

Awalnya, kata dia, berat untuk menerima semua perubahan yang begitu signifikan. Namun, lambat laun ia harus beradaptasi dengan dunia yang telah lama ia tinggalkan.

Lebih lengkapnya, lihat video wawancara Johnson dengan Al Jazeera berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com