Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Xiaomi Berikutnya Pakai Prosesor 10 Core

Kompas.com - 27/11/2015, 09:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi sedang menyiapkan sebuah perangkat genggam baru yang menggunakan prosesor MediaTek Helio X20 deca core. Rencananya ponsel Android tersebut meluncur tahun depan.

Sejauh ini, prosesor Mediatek yang paling kencang baru memiliki delapan inti pemrosesan saja atau octa core. Namun sejak Mei lalu, MediaTek telah mengumumkan keberadaan prosesor mobile deca core atau sepuluh inti pemrosesan.

Prosesor tersebut dikembangkan demi menghadang produk kelas atas milik Qualcomm dan Samsung. Perusahaan prosesor asal Taiwan itu rencananya akan mulai mengapalkan Helio X20 pada kuartal pertama 2016.

Dan pada kuartal yang sama, seperti dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Jumat (27/11/2015), Xiaomi diperkirakan bakal meluncurkan smartphone yang mengadopsinya.

Masih belum jelas apa nama atau bentuk ponsel baru itu. Tapi desas-desus yang beredar memperkirakan ponsel dengan prosesor 10 core tersebut akan dibanderol dengan harga yang murah, seperti lini produk Xiaomi lainnya.

Sementara waktu, ponsel terbaru Xiaomi adalah Redmi Note 3 yang menggunakan MediaTek octa core. Spesifikasinya tidak terlalu menonjol, namun ini merupakan ponsel perdana mereka yang berbalut logam serta memiliki sensor sidik jari.

Sedangkan flagship Xiaomi Mi 5, yang diprediksi bakal keluar dalam waktu dekat, kemungkinan tidak akan memakai prosesor MediaTek. Pasalnya ponsel ini akan dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 820.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com