Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Mini Raspberry Pi Terbaru Cuma Rp 68.000

Kompas.com - 27/11/2015, 11:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Biaya sekali nongkrong di kafe mampu membeli satu unit komputer yang bisa diprogram sesuka hati. Hal itu dimungkinkan Raspberry Pi lewat komputer teranyarnya "Pi Zero".

Dilansir KompasTekno, Jumat (27/11/2015) dari TheNextWeb, komputer kecil tersebut dibanderol 5 dollar AS atau Rp 68 ribu.

Walau dipatok murah, jangan buru-buru memandang sebelah mata si kecil cabai rawit ini. Dibandingkan "Model A+" yang dirilis tahun lalu, ukuran Pi Zero memang setengah kali lipat lebih mungil.

Namun, kemampuannya diklaim dua kali lipat lebih gahar. Dengan Rp 68 ribuan, pengguna sudah mendapatkan prosesor aplikasi Broadcom BCM2835.

Kecepatannya 40 persen lebih kencang dibandingkan yang tersemat pada Raspberry Pi 1. Prosesor aplikasi itu dipadankan dengan RAM 512 MB.

Adapula slot kartu memori microSD, port mini-HDMI untuk output video beresolusi Full HD dengan 60 bingkai per detik, serta beberapa port Micro-USB untuk transfer data.

Pi Zero merupakan salah satu proyek amal Raspberry Pi. Visinya untuk memangkas halangan bagi siapa saja yang ingin memiliki komputer pemrograman.

Agar, kata pendiri Raspberry Pi Eben Upton, siapapun bisa belajar tentang pemrograman dan pengoprekan elektronik tanpa harus merogoh kocek besar.

Bagi Anda yang berminat, bisa memesan komputer mungil ini di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com