Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Bisa Terjemahkan Bahasa "Star Wars"

Kompas.com - 27/11/2015, 13:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Lagi-lagi, Google memberikan kejutan pada para penggemar film Star Wars. Kali ini mereka merilis fitur penerjemah bahasa Aurebesh, yang digunakan dalam film karya George Lucas itu.

Google menggoda para penggemar film tersebut melalui sebuah kicauan di akun Twitter resmi @Google. Di dalamnya juga disematkan foto sebuah aksara dalam bahasa asing.

"Not fluent in 6 million forms of communication? This might help: https://goo.gl/SNhyAT #ChooseYourSide," tulis raksasa mesin pencari itu.

Kurang lebih dapat diartikan, "Tidak lancar bicara dalam 6 juta bahasa? Ini mungkin bisa membantu."

Pantauan KompasTekno, Jumat (27/11/2015), link yang ada dalam kicauan tersebut akan mengarah pada halaman Google Translate.

Pengaturan alat penerjemah bahasa tersebut sudah terpasang pada bahasa Inggris ke bahasa Aurebesh, dengan sebuah teks "May the force be with you" yang sudah diterjemahkan.

Google tampaknya terinspirasi dari karakter Star Warss, C3PO yang dibekali kemampuan berbicara dalam 6 juta bentuk komunikasi.

Aplikasi penerjemah tersebut pun bisa dipakai utnuk menerjemahkan bahasa apapun langsung ke abjad-abjad Aurebesh, dan begitu juga sebaliknya.

Sebelumnya, Google juga pernah merilis sebuah situs yang berfungsi memberikan personalisasi tema Star Wars: The Force Awakens sesuai pilihan penggunanya. Memilih Jedi akan membuat sejumlah aplikasi Google mengikuti warna biru, sedangkan memilih Sith akan mengubahnya jadi merah.

Gimmick seperti ini tampaknya akan terus muncul sampai nanti masa pemutaran Star Wars: The Force Awakens, pada 18 Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com