Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Pintar Ini Tumpas Masalah Borosnya Baterai Ponsel

Kompas.com - 27/11/2015, 21:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu komponen ponsel yang paling boros baterai adalah layar. Utamanya kala pengguna menyetel tingkat kecerahan layar maksimum saat menjajal ponsel di bawah sinar matahari.

Boddle Technologies ingin mengatasi keborosan tersebut. Anak perusahaan di bawah naungan Oxford University itu menciptakan teknologi layar pintar atau smart-screen, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (27/11/2015).

Layar tersebut menggunakan phase-change material (PCM) yang hampir tak menggunakan daya sama sekali dalam pengoperasiannya. Walau begitu, layar akan tetap memberikan tampilan cerah. Bahkan saat berada di bawah matahari sekalipun.

Sebab, PCM adalah bahan yang bisa menyesuaikan diri dengan cepat dalam berbagai kondisi. Pada temperatur tertentu, bahan ini cepat meleleh dan cepat pula memadat.

Keunikan lainnya, bahan ini bisa menyerap energi pada satu waktu, menyimpannya dan lalu mengeluarkannya pada saat tertentu. Dengan dua kemampuan tersebut, PCM bisa mengolah energi yang dibutuhkan dalam mengoperasikan layar.

Sehingga, layar dengan PCM tak perlu disuapi energi dari baterai ponsel secara berlebihan. Menurut pendiri Bodle Technologies Dr Peiman Hosseini, layar pintar ciptaannya bakal sangat dibutuhkan vendor.

"Kau harus mengisi daya smartwatch tiap malam. Dengan layar pintar, kau cukup mengisi daya seminggu sekali," ia mengklaim.

Saat ini, layar pintar masih terus dalam proses pengujian. Bodle Technologies mengatakan bakal segera mengkomersialkannya, namun belum jelas kapan.

Dalam kurun waktu setahun ini, Bodle Technologies masih akan menggodok prototipe-prototipe penerapan layar pintar dengan PCM.

Menurut Bodle Technologies, layar pintar dengan PCM tak terbatas pemanfaatannya hanya untuk layar ponsel. Bahan tersebut bisa juga digunakan untuk menciptakan jendela pintar atau smart windows.

Dengan kemampuan penyerapan dan adaptasi tinggi, jendela dengan PCM bisa menyimpan suhu dingin ruangan. Sehingga pengguna tak perlu lama-lama menyalakan AC. Ini tentu akan berpengaruh dalam menghemat listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com