Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Berhenti Jual Kamera

Kompas.com - 30/11/2015, 09:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel
KOMPAS.com - Desas-desus soal penutupan bisnis kamera Samsung akhirnya menjadi nyata. Raksasa elektronik Korea Selatan itu resmi mengumumkan berhenti menjual kamera di Inggris.

"Kami cepat beradaptasi dengan kebutuhan serta permintaan pasar. Di Inggris, kami menghadapi situasi berkurangnya permintaan kamera digital, camcorder dan berbagai aksesorisnya," ujar juru bicara Samsung, seperti dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Senin (30/11/2015).

"Dengan alasan tersebut kami memutuskan untuk menghentikan penjualan dan pemasaran produk tersebut. Ini adalah keputusan lokal, berdasarkan kondisi pasar lokal," imbuhnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Samsung berencana menghentikan penjualan kamera NX1 di Eropa. Padahal eksistensi mereka di bisnis kamera tergolong baru, belum sampai satu dekade.

Kamera DSLR pertama Samsung diluncurkan pada 2006 lalu bekerja sama dengan Pentax. Perusahaan Korea itu menyebutnya sebagai GX 1S, yang merupakan modifikasi dari Pentax DS 2.

Selanjutnya pada 2009, mereka meluncurkan lini produk NX. Kamera mirrorless ini mengusung konsep dan kualitas sebuah DSLR, namun dengan bentuk ringkas dan praktis layaknya sebuah kamera point and shoot.

Sejak Februari tahun ini, Samsung tidak pernah mengumumkan keberadaan NX seri baru lagi. Kamera terakhir yang mereka rilis adalah NX 500, dengan sensor ukuran APS-C setajam 28 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com