Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri "Mobil Melayang" di China Terungkap

Kompas.com - 01/12/2015, 16:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com — Pekan lalu, video "mobil mengambang" di kawasan Xingtai, China, menjadi viral. Video itu terekam oleh kamera CCTV milik publik.

Pada video, setidaknya tiga mobil yang melintas di persimpangan jalan tersebut tiba-tiba terangkat. Mobil-mobil itu saling bergesekan dan akhirnya terbalik.

Beberapa orang menghubungkan fenomena itu dengan hal-hal mistis. Pasalnya, tak ada angin badai kala itu yang bisa mengangkat tiga mobil sekaligus.

Dilansir KompasTekno dari CNN, Selasa (1/12/2015), kini terungkap alasan di balik insiden mobil terbang tersebut.

Ternyata, ada kabel yang terlilit di alat pembersih pada mobil pembersih jalan yang terletak di sisi paling kanan video. Kabel itu menjulur hingga ke tengah jalan.

Lalu, sebuah mobil sedan datang dari arah kanan dan menginjak kabel yang terjulur. Kabel itu pun ikut menyandung mobil sedan tersebut dan dua mobil di samping kiri sedan.

Alhasil, tampak dari kejauhan yang terekam CCTV, gambar seakan-akan menunjukkan bahwa tiga mobil itu melayang bersamaan. Tak terlihat penampakan kabel dari kamera CCTV jarak jauh tersebut.

"Saya mengendarai mobil pelan-pelan," kata pengendara mobil van. "Kemudian saya melayang. Mobil pembersih jalan terlilit kabel. Kabel itu menjulur pula di bawah mobil-mobil kami dan membuat kami melayang," ia menjelaskan.

Untung saja tak ada korban luka dan korban jiwa pada peristiwa tersebut. Dengan ini, keriuhan netizen yang menganggap peristiwa "mobil terbang" sebagai peristiwa gaib bisa kembali rasional.

Videonya dapat disaksikan di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com