Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Perkenalkan DigiBiz, Aplikasi Pengembangan Usaha

Kompas.com - 02/12/2015, 17:18 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata meluncurkan sebuah aplikasi DigiBiz yang ditujukan untuk bisnis usaha kecil menengah (UKM) dan masyarakat umum yang baru memulai usaha. Pengguna bisa memakainya sebagai salah satu solusi membesarkan usahanya.

Kendati ditujukan untuk UKM, XL merilisnya ke Google Play Store sehingga siapa pun yang ingin mencoba bisa langung mengunduh dan memakainya.

"Kami ingin berperan aktif mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya. Kami mau UKM bisa berkembang dan memiliki pasar yang luas lewat digital," terang Chief Digital Services Officer XL, Ongki Kurniawan di sela acara Pesta Wirausaha, Rabu (2/12/2015).

Pelaku UKM bisa memakai DigiBiz untuk mengiklankan produk mereka menggunakan teks dan foto dalam aplikasi, juga membeli berbagai solusi digital.

Misalnya solusi iklan mobile AdReach, software Mobex yang dapat dipakai untuk mengelola nomor hotline, hingga paket LeapFrog untuk mengelola iklan yang ditayangakn melalui SMS dan banner.

Namun layanan yang diberikan tidak sebatas iklan saja. Menurut Ongki, mereka akan memperluasnya dan bekerja sama dengan bank agar bisa memberikan pinjaman modal untuk para pengusaha baru.

"Soal solusi keuangan, sudah ada beberapa bank yang mau masuk, tapi saya belum bisa sebutkan sekarang. Nanti menggunakan platform yang sama (DigiBiz), pengguna bisa sekaligus mencari pendanaan untuk membantu pengembangan bisnis," imbuhnya.

XL menyiapkan dana sekitar Rp 500 miliar untuk mengembangkan aplikasi DigiBiz selama tiga tahun ke depan. Operator telekomunikasi itu juga merangkul komunitas Tangan di Atas yang beranggotakan kurang lebih 10.000 UKM.

Mereka menarget, dalam rentang stu tahun beroperasi bisa mendapatkan 20.000 UKM pelanggan DigiBiz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com