Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Konten, 4G LTE Belum Sempurna

Kompas.com - 03/12/2015, 09:09 WIB
Deliusno

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Kehadiran jaringan 4G LTE Advance milik Smartfren dapat dikatakan cukup sukses. Berdasarkan pengujian di beberapa kota di Indonesia, anak perusahaan Sinar Mas ini mampu menghadirkan kecepatan internet kencang dengan coverage yang cukup luas.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata belum dianggap terlalu sempurna. Menurut Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren, masih ada satu komponen pelengkap lagi yang dibutuhkan, yakni konten.

Konten-konten yang ada saat ini dikatakan masih belum terlalu mengoptimalkan internet cepat yang diusung oleh jaringan 4G LTE‎.

"Ibaratnya, kita sudah membangun jalan tol, tetapi belum ada yang memakai," ujar Munir kepada KompasTekno di sela-sela uji jaringan 4G LTE Smartfren di wilayah Sumatera Utara, Rabu (2/12/2015).

Padahal, masih menurut Munir, konten-konten bisa digunakan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak, terutama developer lokal.

Munir mencontohkan, pengembang lokal bisa saja membuat konten berupa aplikasi ‎pendaftaran atau pemesanan dokter secara online.

Keuntungan bakal bisa dirasakan langsung baik dari segi pengguna aplikasi dan juga sang developer lokal. Dari sisi pengguna, dapat memesan dokter dengan lebih cepat karena tidak harus ke rumah sakit atau tempat praktik terlebih dahulu.

Sedangkan, dari sisi developer, dapat menjual konten buatannya kepada beberapa pihak sekaligus.

"Oleh karena itu, kami mendorong developer lokal untuk lebih mengembangkan konten‎ untuk jaringan 4G LTE," tutur Munir.

Smartfren telah merilis secara komersil jaringan 4G LTE Advance pada 19 Agustus lalu. Operator yang besar di teknologi CDMA ini‎ memanfaatkan frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz untuk jaringan internet mobile generasi empat tersebut.

Jaringan milik Smartfren ini sudah tersedia di 22 kota di Indonesia, meliputi Aceh, Bandung, Bogor, Batam, Cirebon, Jakarta, Lampung, Medan. Padang, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Jember, Madiun, Makassar, Malang, Manado, Surabaya, Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com