Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Beli Divisi Sensor Kamera Toshiba Rp 2 Triliun

Kompas.com - 07/12/2015, 07:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Akhir Oktober 2015 lalu, Toshiba mengumumkan secara resmi bahwa divisi sensor kamera CMOS miliknya bakal dibeli Sony. Kala itu belum jelas berapa nilai akuisisi yang disepakati kedua perusahaan.

Kini, proses akuisisi sudah resmi dilancarkan, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Jumat (4/12/2015).

Bisnis sensor gambar Toshiba terbeli senilai 155 juta dollar AS atau setara Rp 2 triliun. Nilai itu lebih kecil ketimbang perkiraan nilai akuisisi yang beredar sebelumnya 165 juta dollar AS.

Dengan ini, pabrik, alat dan pekerja di divisi sensor kamera Toshiba beralih ke naungan Sony. Tepatnya pada divisi Sony Semiconductor Coorporation yang memang khusus memproduksi sensor kamera.

Transfer aset dan pekerja Toshiba ke Sony dijadwalkan rampung pada akhir Maret 2016 mendatang. Akuisisi ini menegaskan niatan Sony untuk mendominasi pasar sensor kamera.

Diketahui, sensor kamera Sony memang dipercaya kredibel oleh beberapa vendor kenamaan. Divisi itu pula yang cukup besar berkontribusi pada pendapatan Sony secara keseluruhan.

Beberapa vendor yang menggunakan komponen sensor Sony antara lain Apple, Google dan Xiaomi. Terutama untuk produk-produk high-end para vendor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com