Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Tepis Gosip Jual Divisi Kamera

Kompas.com - 11/12/2015, 10:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel
KOMPAS.com - Samsung akhirnya buka suara. Raksasa teknologi Korea Selatan itu membantah desas-desus bahwa Nikon sudah membeli seluruh teknologi kamera mirrorless miliknya dan mereka menghentikan penjualan kamera jenis tersebut.

"Laporan mengenai Nikon telah membeli teknologi Samsung NX itu tidak benar," jelasnya dalam sebuah pernyataan resmi.

Sebelum desas-desus ini muncul, Samsung memang diketahui sedang melonggarkan bisnis kamera NX di beberapa negara. Mereka telah berhenti menjual kamera tersebut di Jerman, dan baru-baru ini di Inggris.

Alasan penghentian tersebut adalah terjadi penurunan signifikan dalam jumlah permintaan kamera mirrorless di pasar lokal.

Sementara itu Nikon tidak mengeluarkan pernyataan apapun mengenai desas-desus itu. Tak ada bantahan ataupun konfirmasi yang mengindikasikan terjadi transaksi antara dua perusahaan raksasa tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (10/12/2015), kendati ternyata kabar pembelian itu keliru, masih ada kemungkinan kedua perusahaan bekerja sama. Terutama dalam hal pembuatan sensor dan kamera mirrorless.

"Mereka sudah berhasil membuat suatu sistem kamera mirrorless full frame yang siap diproduksi. Nikon kemungkinan akan memakai sensor tersebut, sedangkan desain kameranya bisa jadi menyesuaikan kebutuhan perusahaan Jepang itu," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.

Nyata atau tidak, pengguna baru akan bisa mengetahuinya sekitar awal tahun depan. Ada kemungkinan Samsung dan Nikon akan mengumumkan suatu produk baru pada 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com