Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 820 Resmi Meluncur di Asia

Kompas.com - 12/12/2015, 13:31 WIB
Deliusno

Penulis


BEIJING, KOMPAS.com - Setelah lebih dulu diperkenalkan dalam acara di New York, AS, November lalu, Qualcomm resmi meluncurkan chipset mobile Snapdragon 820 untuk wilayah Asia. Peluncuran itu dilakukan dalam sebuah acara bertajuk “Qualcomm Snapdragon 820 Asia Debut" di Beijing, China, Jumat (11/12/2015).

Menurut Tim McDonough, VP Marketing Qualcomm, konsumen sudah tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan perangkat dengan System on Chip (SoC) tersebut. Setidaknya, pada awal tahun 2016 sudah ada beberapa produk yang hadir dengan Snapdragon 820.

"Tapi maaf kami belum bisa menyebutkan perangkat mana yang akan menggunakannya untuk pertama kali. Tunggu saja," ujar McDonough kepada KompasTekno yang menghadiri acara peluncuran.

Snapdragon 820 merupakan prosesor seri high-end penerus model sebelumnya, Snapdragon 810. Chipset baru tersebut diklaim hadir dengan berbagai peningkatan.

Salah satunya datang dari segi manajemen suhu. Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 820 bakal hadir dengan konsumsi daya yang lebih efisien dari sebelumnya.

Oleh karena itu, SoC ini mampu berhasil mencapai suhu operasional lebih rendah dibanding Snapdragon 810 yang sering dikeluhkan mengalami panas berlebih.

Kyro, Hexagon, dan Spectra

Dari segi spesifikasi teknis, Snapdragon 820 dilengkapi dengan core CPU hasil pengembangan sendiri yang dinamakan "Kryo". CPU yang merupakan penerus dari core seri "Krait" tersebut bekerja dengan kecepatan hingga 2,2 GHz untuk tiap inti pemrosesan.

Uniknya, jumlah inti atau core CPU yang dimiliki oleh Snapdragon 820 berkurang setengah dari pednahulunya. Chipset terbaru ini tidak lagi dilengkapi dengan CPU octa-core (8 inti), melainkan CPU quad-core (4 inti).

Spesifikasi lainnya, Snapdragon 820 dilengkapi dengan chip grafis Adreno 530 yang dijanjikan mengalami peningkatan hingga 40 persen dari Adreno 430.

Ada juga Qualcomm Hexagon 680 DSP (Digital Signal Processor) terintegrasi yang diklaim mampu menghasilkan suara menggelegar, serta ISP (Image Signal Processor) Spectra yang diklaim bisa menghasilkan foto yang baik saat kondisi minim cahaya.

"(Snapdragon 820) Paling ideal untuk saat ini. Ia memiliki material yang juga lebih baik (dari seri sebelumnya). Ditambah lagi konsumsi baterai yang sangat efisien," ujar McDonough.

Snapdragon 820 sendiri sudah dirilis secara resmi oleh Qualcomm pada November 2015 lalu di Amerika Serikat. Dapat dikatakan, dengan pengenalan Snapdragon 820 di Beijing ini, Snapdragon 820 sudah memulai debutnya di wilayah Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com