Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Gadget Android 6.1 Bisa "Membelah Layar"?

Kompas.com - 17/12/2015, 15:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Android 6.1, yang merupakan kelanjutan dari seri Marshmallow (Android 6.0), diprediksi bakal meluncur pada Juni 2016 mendatang. Salah satu fitur andalannya adalah menambahkan kemampuan split screen pada gadget.

Split screen adalah fitur untuk "membelah" atau membagi tampilan layar sehingga menampilkan lebih dari satu aplikasi. Pengguna pun bisa melakukan multitasking dengan mudah.

Kemampuan yang mirip dengan split screen sebenarnya sudah lama diterapkan melalui custom launcher oleh sejumlah gadget Android, misalnya ponsel dan tablet seri Galaxy dari Samsung. Namun fitur yang satu ini belum didukung secara default oleh OS Android.

Prediksi waktu kemunculan Android 6.1 bertepatan dengan ajang Google I/O yang memang diselenggarakan setiap tahun.

Namun belum jelas apa panggulan yang akan digunakan buat sang sistem operasi baru, apakah tetap Marshmallow atau berlanjut ke nama baru berawalan huruf "N".

Seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (17/12/2015), rumor mengenai adanya fitur split screen diketahui dari tim Pixel C yang hadir di acara Ask Me Anything (AMA) gelaran forum online Reddit.

Saat itu, Director for Consumer Hardware Google, Andrew Owers menyebutkan bahwa pihaknya sedang mengerjakan Android N, tepatnya mengembangkan fitur split screen.

Kendati demikian ada sejumlah rumor lain yang bertentangan dan berasumsi bahwa Android 6.1 akan tetap mencatut nama Marshmallow.

Seperti diketahui, sepanjang riwayat Android, Google selalu mengubah nama sistem operasi tersebut jika terjadi perubahan besar dalam hal tampilan atau user interface.

Misalnya Android 2.0 dengan search bar statis, tema Holo dan font Roboto pada Android 4.0, Material Design milik Android 5.0, serta Google Now on Tap pada Android 6.0

Apakah sematan fitur split screen tersebut cukup berpengaruh mengubah nama Android Marshmallow? Tampaknya pengguna mesti harus bersabar untuk mendapatkan jawabannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com