Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Waze Bisa Bicara dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 20/12/2015, 09:25 WIB
Deliusno,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi peta digital Waze kedatangan fitur baru. Kini, aplikasi milik Google ini dipersenjatai dengan voice prompt (navigasi suara) dalam bahasa Indonesia.

Inisiatif ini, menurut klaim Waze, menjadikan aplikasi tersebut sebagai pemilik navigasi suara yang pertama kali menyediakan Bahasa Indonesia dalam layanannya.

Dengan hadirnya fitur tersebut, diharapkan komunitas pengguna Waze di Indonesia akan semakin meningkat.

"Hal ini sudah ditunggu-tunggu selama beberapa waktu dan akan secara signifikan memperbesar komunitas kami," tutur Christian Iskandar, Waze Global Champ asal Indonesia, sebagaimana KompasTekno kutip dari keterangan pers, Minggu (20/12/2015).

"Indonesia bukanlah negara berbahasa Inggris karena itu navigasi suara dalam Bahasa Indonesia akan sangat membantu," lanjutnya.

Navigasi suara berbahasa Indonesia ini sendiri diisi oleh Alva, seorang dosen asal Bandung, dan Septi, pembawa berita dari Semarang.

Dua pengisi suara ini dipilih berdasarkan pencarian nasional oleh komunitas Waze di Indonesia.

"Kami yakin, navigasi suara yang baru ini akan diterima dengan positif oleh komunitas di Indonesia," ujar Julie Mossler, juru bicara untuk Waze.

Untuk bisa menikmati fitur baru ini, pengguna Waze diharuskan untuk memperbarui aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Cara mengaktifkan fitur navigasi bahasa Indonesia ini sangat mudah. Cukup ke bagian Setting, kemudian pilih Sound, dan ganti Navigation guidance menjadi Bahasa Indonesia.

Navigasi suara dalam Bahasa Indonesia merupakan satu dari lima navigasi suara yang baru-baru ini diperkenalkan di seluruh dunia. Di antaranya Bahasa Polandia, Latvia, dan Serbia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com