Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Tunda Windows 10 untuk Ponsel Lawas

Kompas.com - 24/12/2015, 09:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Microsoft menunda ketersediaan Windows 10 Mobile untuk ponsel lawas. Pemilik ponsel dengan sistem operasi Windows 8 dan 8.1 harus bersabar hingga tahun depan.

"Pembaruan ke Windows 10 Mobile baru dimulai awal 2016 bagi beberapa perangkat Windows 8 dan 8.1," kata juru bicara Microsoft, sebagaimana dilaporkan ZDNet dan dihimpun KompasTekno, Kamis (24/12/2015).

Jika merujuk pada jadwal, Windows 10 Mobile seharusnya sudah bisa dijajal para pemilik ponsel lawas sejak bulan ini. Hal itu disampaikan Microsoft pada Oktober 2015 lalu.

Microsoft tak membeberkan secara spesifik alasan penundaan. Menurut beberapa sumber dalam, Microsoft ingin mengkaji ulang Windows 10 Mobile.

Sebab, sistem operasi yang dijadikan ujung tombak tersebut nyatanya belum bisa menyamai langkah Android dan iOS. Laporan kuartal ketiga 2015 menunjukkan penetrasi sistem operasi Windows Mobile hanya 1,7 persen dari keseluruhan pasar smartphone.

Salah satu penyebab yang paling sering disinggung adalah kurangnya aplikasi populer pada Windows Mobile. Beberapa aplikasi yang sebelumnya tersedia pun memilih hengkang. Antara lain Path, Pinterest, NBC, American Airlines, Chase Bank, dan Bank of America.

Diketahui, Windows 10 Mobil memiliki dua fitur unggulan: Continuum dan Microsoft Edge. Continuum memungkinkan tampilan ponsel serupa dengan desktop dan mensinkronisasi dua perangkat atau lebih. Sementara Microsoft Edge adalah layanan browser default yang diklaim lebih cepat dan dinamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com