Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kritik Internet Gratis Facebook

Kompas.com - 30/12/2015, 16:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Bos Microsoft India Bashkar Pramanik mengkritik layanan internet gratis yang diberikan Facebook. Menurutnya, raksasa media sosial itu tak semestinya menyejajarkan layanan mereka dengan net neutrality.

"Saya pikir tindakan Facebook tidak berkaitan dengan net neutrality. Mereka cuma membantu first time user untuk mengenal internet dan mesti menyebutnya seperti itu," terangnya.

Net neutrality sendiri berarti prinsip yang meminta penyedia akses internet dan pemerintah untuk memperlakuan semua data setara dan tanpa diskriminasi.

Penyedia layanan internet serta pemeintah, menurut konsep ini, mesti memberikan tarif seragam, bukan berdasarkan konten, pengguna atau aplikasi yang digunakan.

Layanan internet gratis Facebook di India bernama Free Basics. Ini adalah bagian dari Internet.org.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu bekerja sama dengan operator lokal untuk memberikan akses internet dengan harga sangat murah.

Namun, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Rabu (30/12/2015), sebagian pihak khawatir Facebook terlalu kuat dalam mengendalikan Free Basics serta layanannya.

Akibatnya regulator telekomunikasi India memerintahkan operator untuk memblokir akses ke Internet.org. Sementara itu mereka kini tengah membahas persoalan batas harga yang boleh dibebankan ke pungguna.

"Jika pengguna mesti membayar lebih karena memiliki sepaket aplikasi pilihan sendiri, lalu diarahkan ke paket tertentu karena operator mengatakan akan memberikan gratis, di bagian manakah net neutrality itu?" tanya Pramanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com