Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2015, "Game of Thrones" Jadi Favorit Pengunduh Bajakan

Kompas.com - 31/12/2015, 09:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Situs TorrentFreak membuat daftar 10 film serial TV yang paling banyak diunduh bajakannya sepanjang 2015. Serial Game of Thrones berada di posisi pertama.

Game of Thrones, serial yang ditayangkan oleh HBO berdasar novel A Song of Ice and Fire karya George R. R. Martin itu sudah diunduh secara ilegal sebanyak 14,4 juta kali sepanjang tahun 2015.

Sementara penonton TV serial tersebut di AS diprediksi hanya sekitar 8,1 juta saja.

Posisi puncak tersebut sudah bisa diprediksi sejak awal tahun ini, dimana Game of Thrones memecahkan rekor sebanyak 258.131 peers di seluruh dunia membagi file yang sama, terbanyak sepanjang sejarah.

Dari segi tren, film-film bajakan dengan kualitas tinggi menurut TorrentFreak, seperti dikutip KompasTekno, Kamis (31/12/2015), kian diminati jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Namun demikian, bajakan serial TV dengan resolusi 480p tetap menjadi yang populer di tengah pengunduh, diikuti dengan resolusi 720p dan 1080p.

Secara keseluruhan, TorrentFreak menilai tidak ada tren penurunan pembajakan serial TV di tahun ini. Sebaliknya, jumlah unduhan acara populer justru semakin naik, kadang sampai melampaui jumlah pemirsanya di AS.

Berikut adalah daftar 10 serial TV yang paling sering dibajak menurut TorrentFreak.

TorrentFreak Daftar 10 serial TV yang paling banyak dibajak sepanjang tahun 2015.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com