Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Dirilis, iPhone 7 Sudah Diprotes

Kompas.com - 10/01/2016, 11:54 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com — Belum diumumkan, iPhone 7 sudah mendapat protes dari ratusan ribu orang. Apa penyebabnya?

Belakangan ini, tersebar kabar, Apple bakal menanggalkan jack audio 3,5 mm di perangkat iPhone 7. Demi mencapai desain iPhone yang lebih tipis lagi, Apple digosipkan akan menggantinya dengan teknologi port Lightning.

Nah, rumor itulah yang menjadi sumber masalah. Melalui sebuah petisi online, banyak orang yang menyatakan keberatannya terhadap rencana penggantian port tersebut. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 217.000 orang yang menandatangani petisi tersebut secara digital.

Menurut petisi itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Minggu (10/1/2016), tampaknya masalah lingkungan menjadi alasan utama para pemrotes ingin agar Apple tetap menggunakan port audio biasa.

Mereka tidak ingin agar earphone atau headphone dengan konektor 3,5 mm yang telah menjadi standar iPhone selama ini tidak terpakai lagi dan akhirnya menjadi sampah.

"Tidak hanya bakal memaksa pengguna iPhone untuk membagikan uang tambahan untuk menggantikan hi-fi headphone mereka, itu akan menciptakan tumpukan sampah elektronik, yang kemungkinan tidak bisa didaur ulang. Menurut Untited Nations, hingga 90 persen dari sampah elektronik dunia diperdagangkan secara ilegal atau dibuang setiap tahunnya," demikian ditulis dalam petisi online itu.

Petisi tersebut juga menyinggung masalah saat Apple memperkenalkan perangkat dengan port Lightning beberapa waktu lalu. Kala itu, banyak orang yang sampai harus "memensiunkan" kabel yang dimiliki sebelumnya.

Hingga saat ini, belum ada respons dari Apple mengenai petisi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com