Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat: Nonton Netflix Cukup Kuota 3 GB

Kompas.com - 13/01/2016, 17:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo mendukung kehadiran layanan sewa film dan serial televisi berbasis streaming, Netflix, di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Division Head Data Services - Product Indosat Ooredoo Sharif Mahfoedz, Rabu (13/1/2016).

"Makin banyak yang pakai data 4G Indosat, semakin bagus," kata Sharif usai acara peluncuran paket "IM3 Freedom Combo" di Atrium Mall Gandaria City, Jakarta.

Walau tak memiliki paket "true unlimited" yang mengakomodir internet tanpa batas kewajaran (FUP), Sharif mengklaim pilihan paket Indosat sudah "layak Netflix". Misalnya saja paket IM3 Freedom Combo yang baru dirilis.

"Tidak harus true unlimited, dengan paket 3 GB hingga 5 GB cukup. Satu film Netflix itu palingan 1 GB sampai 2 GB. 6 GB itu kalau terus-terusan," kata dia.

Seperti diketahui, menurut keterangan pihak Netflix, besarnya konsumsi data untuk streaming tayangan kualitas standar (SD, standard definition) mencapai 1 GB untuk durasi 1 jam.

Sementara, tayangan dengan kualitas Ultra-HD mampu menyedot data sebanyak 7 GB setiap jamnya.

Sharif berdalih tak banyak pengguna mobile yang nonton satu film secara terus menerus di layar smartphone. Kalaupun ingin terus-menerus, kata dia, pengguna bisa pakai paket 10 GB bonus berlipat menjadi 20 GB.

Lebih jauh, Sharif mengatakan kerja sama Indosat dengan Netflix bisa dilakukan. Hanya saja, perlu pertimbangan dan beberapa tahapan untuk mencapai titik itu.

"Kami akan lihat bagaimana animo masyarakat sebelum membuat paket khusus Netflix. Kami juga mendukung semua langkah pemerintah untuk menanggapi ekspansi bisnis Netflix ini," ia menuturkan.

Gratis telepon dan SMS

Diketahui, paket Freedom Combo yang dikatakan "layak Netflix" dibagi empat, yakni "M", "L", "XL", dan "XXL". 

Kesamaan semua paket adalah telepon dan SMS gratis ke sesama pengguna Indosat Ooredoo selama 24 jam.

Perbedaannya terletak pada kuota internet. Paket M memiliki kuota internet  1 GB bagi pengguna 3G dan bonus 1 GB bagi pengguna 4G LTE.

Jadi total kuota untuk pelanggan 4G adalah 2 GB. Harga langganan bulanannya Rp 59 ribu.

Paket L, XL, dan XXL berturut-turut berkuota internet 3 GB, 5 GB, dan 10 GB dengan bonus kelipatan ganda untuk pengguna 4G. Harganya masing-masing Rp 99 ribu, Rp 149 ribu, dan Rp 199 ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com