Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Mana? Google Maps Bisa Tahu Duluan

Kompas.com - 14/01/2016, 10:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Google Maps Android punya fitur baru yang unik. Dengan memanfaatkan riwayat perjalanan, aplikasi ini bisa memprediksi tempat yang akan dituju penggunanya.

Fungsi baru itu terdapat dalam "Driving Mode". Berbeda dengan penunjuk arah yang biasanya, mode ini akan mempertimbangkan riwayat perjalanan dan lokasi aktual pengguna untuk menentukan arah.

Selanjutnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/1/2016), aplikasi tersebut kemudian akan menyarankan informasi berisi rute perjalanan, waktu tempuh serta kondisi lalu lintas.

Tampaknya fitur kali ini menggunakan algoritma serupa dengan yang ada di Google Now. Namun dengan pemutakhiran agar bisa dipakai saat mengendarai mobil.

Pengguna bisa menjalankan Driving Mode melalui ikon aplikasi atau di bagian sidebar Maps.

Saat ini Google Maps versi 9.19 saja yang bisa menggunakan mode tersebut. Pihak Google belum merilisnya ke Play Store sehingga belum bisa digunakan oleh banyak orang.

Di sisi lain, pengguna bisa saja memasang pembaruan ini secara manual. Dengan risiko mengalami kesulitan saat ingin mencoba mengaktifkan fitur yang diinginkan.

Saat ini Driving Mode masih uji coba. Pengguna pun masih harus bersabar menunggu agar bisa merasakan Driving Mode sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com