Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Diremehkan... Listrik Mendadak Padam, Infrastruktur TI Rugi Besar!

Kompas.com - 15/01/2016, 06:55 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Pemadaman listrik secara mendadak dapat berdampak negatif terhadap infrastruktur teknologi informasi (TI). Efeknya terasa, mulai kerusakan perangkat TI hingga terhambatnya operasional bisnis di era modern saat ini.

Padamnya listrik bisa dipastikan akan menimbulkan banyak permasalahan, karena daya listrik merupakan sumber energi utama untuk peralatan elektronik. Perlengkapan TI yang menyedot sumber listrik itu antara lain server, personal computer (PC), switch,storage, printer, dan lain-lain.

Otomatis, begitu listrik mendadak padam, segala aktivitas perangkat TI pun terhambat, seperti proses transaksi elektronik yang membutuhkan perangkat PC ataupun server. Maka dari itu, akibat terjadinya listrik padam secara mendadak timbul kerugian yang cukup beragam.

Berikut beberapa faktor kerugian terhadap infrastruktur TI akibat listrik padam secara mendadak:

Kerusakan aset 

Padamnya listrik secara mendadak sudah pasti berpengaruh pada kerusakan perangkat TI yang pada akhirnya berujung pada kerugian finansial. Beberapa perangkat, misalnya motherboard, monitor, prosesor hingga perangkat server berpotensi rusak.

Komponen motherboard berfungsi menghubungkan seluruh komponen penyusun pada sebuah komputer. Artinya, komponen ini memiliki tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Sementara itu, masalah lain yang juga akan timbul adalah terganggunya kinerja perangkat server. Perangkat ini berfungsi menyimpan informasi dan mengelola suatu jaringan komputer. Alhasil, ketika listrik byarpet, kinerja server lantas menurun.

Ya, server memang dituntut standby selama 24 jam nonstop. Karena itulah, server membutuhkan pasokan listrik secara optimal dan terus menerus. Tanpa daya listrik, sistem jaringan di kantor akan mati. Beberapa system, misalnya local area network (LAN) akan langsung tak berfungsi.

Tak pelak, dengan kondisi seperti itu, sebagai pengguna pribadi ataupun pemilik perusahaan Anda akan mengeluarkan budget lebih untuk pemeliharaan dan pembelian perangkat baru. Karena itulah, perlu adanya dukungan teknologi penunjang yang dapat meminimalisir resiko bila terjadi permasalahan listrik padam mendadak.

Kerugian Bisnis  

Kerusakan perangkat keras, selain membuat Anda harus merogoh kocek untuk melakukan penggantian, juga dapat menyebabkan kehilangan data yang tersimpan pada server atau storage, gangguan pada proses transaksi sehingga dapat memberikan kerugian pada sisi bisnis.

Karena itulah, saat listrik padam, pengguna membutuhkan teknologi penunjang agar pasokan listrik tetap tersedia untuk perangkat yang bekerja dengan sumber daya listrik saat menunggu generator cadangan dinyalakan.

Thinkstockphotos Perangkat Smart UPS bisa jadi solusi pemasok energi cadangan saat listrik padam
UPS sebagai solusi

Sejauh ini Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan solusi tepat ketika terjadi padam listrik. UPS adalah perangkat yang berfungsi untuk menyediakan daya listrik cadangan dan memperbaiki kualitas listrik bagi infrastruktur TI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com