Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Akui Cuma Jual 70 Juta Smartphone

Kompas.com - 15/01/2016, 16:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu beredar kabar Xiaomi tak mencapai target penjualan 80 juta unit smartphone sepanjang 2015. Performa bisnis Xiaomi, menurut gosip, mulai dipertanyakan para investor.

Setelah beberapa saat bungkam, Xiaomi akhirnya membenarkan isu yang beredar. Pabrikan Tiongkok itu mengaku hanya menjual 70 juta unit smartphone atau kurang 10 juta unit dari target, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (15/1/2016).

Detil angka penjualan tak diumbar lebih dalam. Misalnya negara mana yang berkontribusi paling besar pada penjualan dan negara mana yang angka penjualannya menurun.

Kendati demikian, penjualan smartphone Xiaomi sebenarnya meningkat dari 2014 yang hanya 61 juta unit. Xiaomi pun mengklaim masih merajai pasar smartphone di China pada 2015 lalu.

"Xiaomi adalah pabrik smartphone terbesar di China dilihat dari sisi market share pada 2015," kata perwakilan Xiaomi.

Sementara itu, menurut analis pasar smartphone Canalys, Huawei telah menggeser posisi Xiaomi pada kuartal ketiga 2015. Huawei dinobatkan sebagai pabrikan China pertama yang memasarkan lebih dari 100 juta smartophone dalam satu tahun.

Namun, angka pemasaran tak selalu sama dengan angka penjualan. Walau angka pemasaran menunjukkan tingginya permintaan pasar, belum tentu semua ponsel yang dipasarkan terbeli. Soal ini, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Huawei maupun Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com