Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar iPhone Bakal Dibuat oleh Samsung

Kompas.com - 16/01/2016, 08:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ET News
KOMPAS.com — Samsung mendapatkan kontrak dari Apple untuk memproduksi layar organic light emiting diode atau OLED yang akan dipakai di perangkat iPhone masa depan.

Dikutip KompasTekno dari situs berita Korea, ET News, Jumat (15/1/2016), nilai kontrak tersebut mencapai 7,47 miliar dollar AS, yang akan dipakai untuk membangun fasilitas pabrik berikut peralatannya.

Seperti diketahui, Apple tengah berupaya mengganti layar LCD low temperature poly-silicon (LTPS) yang saat ini masih dipakai iPhone dengan materi flexible OLED.

Samsung Display akan mengerjakan proyek tersebut dan akan mulai menerima pesanan paling cepat pada akhir kuartal satu tahun ini (Maret 2016).

Menurut kabar, Apple memesan komponen layar iPhone sebanyak 30.000 hingga 45.000 unit per bulannya. Rencana untuk menambah satu fasilitas produksi lagi yang bisa menghasilkan 45.000 layar OLED per bulan juga direncanakan pada 2017 nanti.

Sebelumnya, pada November 2015 lalu, Apple memberi tahu para pemasok komponennya bahwa mereka berniat untuk mengganti layar LCD yang dipakai di iPhone dengan panel materi OLED pada 2017 nanti.

Layar dengan materi OLED saat ini sudah banyak dipakai di ponsel-ponsel Android, terutama di kelas ponsel high-end.

Teknologi OLED di smartphone selama ini dipercaya bisa membantu menghemat umur baterai karena lebih irit daya dibanding LCD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ET News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com