Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pemenang Tender Palapa Ring Terbaru

Kompas.com - 22/01/2016, 17:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akhirnya mengumumkan pemenang tender proyek Palapa Ring II hari ini, Jumat (22/1/2016).

Untuk Paket Barat, proyek akan dijalankan Konsorsium Moratel - Triasmitra. Dua perusahaan yang bergabung adalah PT. Moratelematika Indonesia (90 persen) dan PT. Ketrosden Triasmita (10 persen).

Paket Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Sementara itu, proyek Paket Tengah dimenangkan Konsorsium Pandawa Lima. Anggotanya adalah PT LEN (51 persen), PT Teknologi Riset Global Investama (34 persen), PT Sufia Technologies (5 persen), PT Bina Nusantara Perkasa (5 persen), dan PT Multi Kontrol Nusantara (5 persen).

Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Terakhir, untuk Paket Timur, pemenang tender belum diumumkan. Sebab, wilayah timur memiliki kompleksitas medan yang lebih menantang dan perlu disiapkan lebih lanjut, sebagaimana tertera pada situs resmi Kemenkominfo.

Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 mulai beroperasi sepenuhnya.

Begitu selesai, Palapa Ring II akan menjadi tulang punggung internet pita lebar bagi 33 propinsi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com