Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rayakan Ulang Tahun Astronom Wanita Beatrice Tinsley

Kompas.com - 27/01/2016, 09:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google memperingati hari ulang tahun ke-75 astronom wanita Beatrice Tinsley dengan doodle khusus pada hari ini, Rabu (27/1/2016). Doodle tersebut menampilkan wanita yang tengah memegang teropong bintang dan sedang melihat bintang jatuh di malam hari.

Siapakah Beatrice Tinsley sehingga Google perlu membuat penghormatan?

Beatrice Tinsley adalah seorang astronom sekaligus kosmolog ternama asal Inggris. Ia lahir di Chester, Inggris pada tahun 1941 dengan nama lengkap Beatrice Muriel Hill Tinsley

Menurut situs Wikipedia, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (26/1/2016), astronom wanita itu meninggal dunia pada tahun 1981 karena menderita penyakit kanker.

Beatrice Tinsley mulai dikenal setelah melakukan penelitian tentang galaksi, terutama tentang bagaimana galaksi berevolusi dari waktu ke waktu.

Tinsley juga membuat model galaksi yang kemudian mengilhami perkiraan pertama bagaimana sebuah protogalaksi terbentuk. Penelitian Kinsley tersebut kini menjadi dasar untuk ilmu astronomi.

Pada tahun 1974, Beatrice Tinsley menerima penghargaan Annie J. Cannon Award dari American Astronomical Society sebagai pengakuan atas karyanya tentang evolusi galaksi.
 
Pada tahun 1978, Tinsley mencapai puncak kariernya setelah ditunjuk menjadi profesor astronomi di universitas ternama Amerika Serikat, Yale.

Sayangnya tiga tahun kemudian, tepatnya pada 23 Maret 1981, Tinsley meninggal dunia dalam usia 40 tahun karena kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com