Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Hari, 100 Juta Jam Video Ditonton di Facebook

Kompas.com - 29/01/2016, 20:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com — Setiap hari, 100 juta jam video ditonton lewat Facebook. Hal tersebut tertera pada laporan Facebook untuk kuartal keempat 2015.

Pencapaian itu tak lepas dari berbagai upaya kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna saat menjajal konten video di Facebook. Salah satunya melalui kemampuan pemutaran video otomatis pada linimasa pengguna tanpa menekan tombol "play" terlebih dahulu.

Ada juga kemampuan lain, seperti video 360 dan pop-up player, yang dinilai turut mendongkrak minat netizen menonton video di Facebook.

Video 360 memungkinkan pengguna menonton sebuah tayangan dari berbagai angle. Sementara itu, pop-up player memungkinkan pengguna menonton sebuah video sambil menggulir linimasa.

Kedua kemampuan itu sudah lebih dulu terakomodasi di YouTube.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg, saat ini Facebook juga sedang menciptakan saluran video yang mapan serupa YouTube, seperti dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/1/2015).

Tampaknya, YouTube perlu menyiapkan strategi khusus menghadapi pertumbuhan fitur video Facebook. Pasalnya, angka 100 juta jam video per hari makin mendekati penetrasi video YouTube.

Saat ini, menurut situs resmi YouTube, netizen menonton ratusan juta jam video di platform-nya. Angka pastinya tidak dibeberkan.

Selain video, layanan-layanan dalam Facebook lainnya juga tumbuh agresif. Saat ini, ada satu miliar pengguna bulanan pada Facebook Groups. Angka itu meningkat dari jumlah 925 juta netizen pada kuartal sebelumnya.

Techcrunch Update jumlah penetrasi fitur-fitur Facebook
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com