Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hemat Baterai Android? Hapus Aplikasi Facebook

Kompas.com - 04/02/2016, 10:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Baterai yang boros seringkali jadi masalah bagi pengguna ponsel. Namun ternyata ada solusi mudah, cukup hapus aplikasi Facebook dan konsumsi daya baterai ponsel bakal lebih hemat.

Besarnya penghematan itu diperkirakan mencapai 20 persen. Tentu sangat berarti ketika pengguna perlu menjaga ponselnya agar tetap menyala selama mungkin.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Guardian, Selasa (2/2/2016), aplikasi Facebook di Android ternyata memiliki masalah dalam hal kinerja dan akibatnya jadi menyedot lebih banyak daya.

Hal ini diketahui setelah seorang blogger bernama Russell Holly menghapus aplikasi tersebut dari ponselnya dan menyadari baterai ternyata menjadi lebih hemat.

Selanjutnya, pengguna Android lain dengan akun Reddit pbrandes_eth menguji hal serupa dan merasakan bahwa kinerja ponsel LG G4 miliknya meningkat. Baterai juga menjadi lebih hemat.

Dalam statistik konsumsi daya di Android, aplikasi Facebook tidak terlihat mengonsumsi banyak daya. Tampaknya keborosan energi itu justru terjadi ketika aplikasi aktif di latar belakang.

Bahkan ketika aplikasi tersebut dihapus, layanan Android lain seperti Android System dan Android OS juga ikut-ikutan lebih hemat. Kedua layanan yang dimaksud berfungsi untuk menghubungkan antara aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan dunia luar.

Facebook sendiri sudah menyadari hal ini, dan Chief Product Officer mereka, Chris Cox memerintahkan timnya untuk meninggalkan iPhone dan memakai Android hingga menemukan solusi yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com