Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Luncurkan Prosesor Baru untuk "Gamer"

Kompas.com - 04/02/2016, 13:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen semikonduktor AMD memperkenalkan tiga prosesor desktop baru di awal tahun 2016 ini, termasuk prosesor desktop pertama berbasis core Excavator yang menarget para gamer di segmen gaming.

Ketiga prosesor tersebut, yang berbasis soket FM2+, dua di antaranya mengusung arsitektur core Godavari, masing-masing dengan seri A10-7860K dan A6-7470K.

Seri A10-7860K memiliki empat inti CPU dan delapan inti GPU, sementara seri A6-7470K yang memiliki core dual CPU dan empat inti GPU dengan clock 3,7 GHz.

Dilansir KompasTekno dari The Inquirer, Rabu (3/2/2016), keduanya diklaim oleh AMD memiliki kecepatan Turbo hingga 4 GHz.

"Yang menarik adalah, A10-7860K memiliki Turbo speed 4 GHz, namun memiliki daya 65W, sehingga performanya setara dengan A10-7850K, namun lebih hemat daya 30W," ujar Client Product Manager AMD, Don Woligroski.

Prosesor ketiga berada di bawah brand Athlon, karena hanya memiliki core yang bertugas sebagai CPU saja, bukan sekaligus menjadi APU.

Athlon X4 845 memiliki empat core Excavator yang dipakai dalam platform Carrizo, dengan kecepatan clock 3,5 GHz dan Turbo speed hingga 3,8 GHz.

Walau tidak tergolong sebagai prosesoer Athlon kelas atas, namun Woligroski mengatakan prosesor ini menjadi prosesor yang efisien dan murah di kelasnya.

AMD juga dikabarkan akan membuat lini motherboard baru untuk mendukung lini prosesor tersebut di atas. Rencananya, motherboard itu akan dirilis pada kuartal pertama 2016.

Motherboard-motherboard baru itu dirumorkan akan mendukung port USB 3.1 Gen 2 yang bisa memberikan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, dan konektor SSD M.2 SATA yang kecil dan biasa terdapat di laptop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com