Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sanksi untuk Telkom jika Cabut Telepon bersama IndiHome

Kompas.com - 05/02/2016, 16:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta Telkom memberikan kemudahan bagi pelanggan IndiHome yang ingin berhenti dan hanya menggunakan telepon. Bila bandel, bisa saja perusahaan itu diberi hukuman berupa sanksi.

Anggota BRTI, I Ketut Prihadi Kresna, mengatakan, Telkom sudah menghadap dan memberikan klarifikasi mengenai masalah tersebut. Selanjutnya, perusahaan pelat merah ini juga menyanggupi pemberian kemudahan kepada pelanggan IndiHome.

BRTI akan mengawasi kesanggupan tersebut. Jika selanjutnya masih ada keluhan serupa, Telkom bisa saja dipanggil kembali, hingga yang paling parah dikenai sanksi.

"Mereka sudah menyanggupi. Kalau masih ada keluhan, akan kami panggil lagi untuk memberikan penjelasan. Kalau belum berubah juga, nanti bisa saja diberi peringatan. Tidak langsung diberi sanksi karena kami mesti lihat juga kesulitan Telkom di mana, seperti apa," kata Ketut saat dihubungi KompasTekno, Jumat (5/2/2016).

"Peringatan diberikan tiga kali. Kalau masih tidak berubah, ya bisa dikenai sanksi. Misalnya, memblokir blok nomor baru sehingga ada efek bisnis karena blok itu diperlukan untuk mendapatkan pelanggan," imbuhnya.

Sanksi paling berat adalah denda dan pencabutan izin. Namun, untuk Telkom, menurut dia, pencabutan izin tidak mungkin dilakukan karena jumlah pelanggan sudah sangat besar dan bisa memengaruhi pelanggan lain yang masih memakai layanannya.

Ketut turut menjelaskan, ada catatan yang mesti dipahami bahwa nomor lama yang terasosiasi dengan IndiHome kemungkinan tidak bisa digunakan. Bila ingin tetap memakai layanan telepon, pengguna harus memakai nomor lain.

Hal ini terkait dengan kabel dan blok nomor yang digunakan. Layanan telepon sebenarnya hanya menggunakan kabel tembaga, tetapi kabel ini akan diubah menjadi serat optik ketika pelanggan melakukan upgrade ke IndiHome.

Nah, Ketut mengatakan, jika pengguna berhenti berlangganan IndiHome dan ingin tetap memakai telepon, maka kabel serat optik itu akan kembali diganti dengan yang berbahan tembaga. Sementara itu, nomor lama sudah telanjur melekat di serat optik.

"Kalau berhenti (pakai) IndiHome, nomor lama belum tentu bisa dipakai lagi karena sudah beda blok," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com