Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon Rumah Dicabut jika Berhenti IndiHome, Ini Penjelasan Telkom

Kompas.com - 05/02/2016, 18:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memberikan penjelasan mengenai pencabutan saluran telepon jika konsumen berhenti berlangganan IndiHome.

Selama ini, saluran telepon menggunakan kabel tembaga. Namun, untuk layanan IndiHome, Telkom menggunakan kabel serat optik.

Kabel serat optik ini dinilai lebih andal dan bisa menjamin kecepatan internet. Selain itu, operator pelat merah ini juga memakai kabel yang sama untuk menggelar layanan bertelepon.

Menurut Director of Consumer Services PT Telkom, Dian Rachmawan, panggilan telepon melalui kabel serat optik itu menggunakan teknologi voice-over internet protocol (VoIP) atau dengan kata lain melalui sambungan internet.

"Voice over internet, jadi bila IndiHome-nya distop, otomatis layanan teleponnya juga berhenti," kata Dian kepada KompasTekno, Jumat (5/2/2016).

Setelah berhenti, pengguna pun belum tentu bisa kembali ke layanan telepon berbasis kabel tembaga karena bisa saja sentral telepon atau bagian switching-nya sudah diganti dengan kabel serat optik yang lebih modern.

Serat optik sebenarnya bisa saja jika hanya dipakai untuk layanan telepon. Namun, penggunaannya menjadi mubazir karena tetap saja telepon tersebut terhubung menggunakan koneksi internet.

"Apabila hanya satu play telephony, maka secara ekonomis menjadi lebih mahal ketimbang TriplePlay," kata Dian.

Sekadar diketahui, TriplePlay yang dimaksud merupakan paket akses internet fiber to the home (FTTH), konten UseeTV, dan gratis telepon dalam menit tertentu untuk jangkauan lokal atau interlokal.

Selain itu, Telkom juga sedang melakukan migrasi sentral telepon digital menjadi softswitch IMS (IP multimedia subsystem). Langkah tersebut mengikuti tren dunia seiring teknologi lama yang sudah mulai tidak lagi dikembangkan.

Merujuk pada situasi tersebut, menurut Dian, tidak tepat jika Telkom dikatakan tidak melayani masyarakat yang membutuhkan layanan telepon dasar.

Walau demikian, dia berjanji, perusahaan akan mencari solusi bagi masyarakat tertentu yang masih membutuhkan layanan telepon rumah, asalkan jaringan yang dibutuhkan tersedia.

"Kami akan memperbaiki cara menjual layanan IndiHome ke pasar," ujar Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com