Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi "Pesan Sponsor", Facebook Pasang Caption di Video Iklan

Kompas.com - 12/02/2016, 10:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook meluncurkan tool otomatis untuk memberikan caption pada setiap video iklan yang diunggah ke platform jejaring sosial miliknya.

Director of Ads Marketing Facebook, Graham Mudd mengatakan bahwa pemberian caption itu diperlukan supaya pesan iklan dalam video tetap diterima pengguna, meskipun suaranya dimatikan.

Selama ini diperkirakan ada 40 persen video iklan yang gagal berkomunikasi dengan pengguna. Masalahnya adalah kebanyakan pengguna tidak menyalakan suara pada video tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Kamis (11/2/2016), Facebook memprediksi bahwa caption bisa membuat pengguna lebih betah menonton video, termasuk iklan. Durasi waktu menonton bisa naik 12 persen.

Durasi menonton video merupakan ukuran yang sangat penting bagi sistem monetisasi video Facebook. Dari durasi inilah jejaring sosial tersebut bisa merayu pengiklan untuk memakai lapaknya.

Menurut Mudd, 55 persen pengguna yang menonton video iklan selama tiga detik, sudah pasti akan berlanjut ke 10 detik berikutnya.

Sedangkan 45 persen dari total orang yang menonton selama 3 detik, bisa dipastikan akan tetap menonton hingga video iklan itu selesai.

Menurut riset Nielsen, 47 persen dari pesan yang ingin disampaikan sebuah video iklan akan sampai ke pengguna dalam tiga detik pertama.

Sedangkan 74 persen dari pesan tersebut baru bisa sampai ke pengguna jika menonton sampai 10 detik.

Seiring dengan percobaan caption pada video ini, raksasa jejaring sosial itu juga memperkenalkan metode pengukuran lain pada para pengiklan. Kini mereka bisa tahu sebanyak apakah pengguna yang memainkan video iklan dengan atau tanpa suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com