Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakuten Hengkang dari Indonesia?

Kompas.com - 12/02/2016, 16:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Rakuten mengumumkan akan menutup bisnisnya di tiga negara di Asia Tenggara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Hal itu dilakukan Rakuten setelah mengumumkan laporan keuangan tahun 2015.

Dihentikannya bisnis Rakuten di tiga negara Asia Tenggara itu menjadi bagian dari  transformasi bisnis Rakuten pada 2020 nanti, dimana perusahaan diharapkan bisa mendapatkan revenue sebesar 1700 miliar yen (sekitar Rp 203 triliun).

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (12/2/2016) sore, Rakuten mengatakan akan tetap mempertahankan kantor pusat regional di Singapura dan melanjutkan operasi bisnis lain di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, Rakuten akan terus mencari potensi pertumbuhan yang baru di wilayah Asia Tenggara.

Rakuten mengatakan akan lebih fokus ke pasar perdagangan e-commerce di Jepang, di mana Rakuten menjadi pemimpin pasar. Selain Jepang, Rakuten juga akan tetap beroperasi di Taiwan, Asia Timur, dan Amerika Serikat.

Walau demikian, belum jelas kapan Rakuten akan menutup bisnis sepenuhnya di Indonesia. Situs Rakuten hingga berita ini dinaikkan juga masih bisa diakses.

KompasTekno masih berusaha untuk mendapatkan penjelasan lebih detil dari pihak Rakuten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com