Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duka "Istri Pajangan" Miliarder Silicon Valley

Kompas.com - 14/02/2016, 20:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Jatuh cinta dengan seorang miliader tak selalu seindah mimpi. Setidaknya seperti itulah pengalaman Justine Musk, wanita yang selama 8 tahun menikah dengan tokoh beken di Silicon Valley, Elon Musk.

Elon kini dikenal sebagai wirausahawan sukses yang mendirikan PayPal, SpaceX dan Tesla Motors. Namun kisah cinta dua pasangan ini dimulai beberapa tahun sebelum semua itu dibangun, tepatnya pada masa pendidikan mereka di Queen's University, Ontario, Kanada.

Seromantis apakah Elon di masa muda? Mengapa pasangan ini akhirnya berpisah? Berikut ini curahan hati wanita yang menikah dan hidup bersama Elon selama 8 tahun, seperti dirangkum KompasTekno dari Marie Claire, Minggu (14/2/2016).

Bukan anak gaul

Justine bertemu Elon di tahun pertama kuliah mereka. Saat itu mereka tak saling mengenal, hingga Elon tiba-tiba datang ke asrama Justine, mengaku pernah berkenalan di sebuah pesta dan mengajaknya kencan.

Elon hanya mengarang. Sebenarnya pria ini cuma pernah melihat Justine ada di aula kampus dan langsung memutuskan untuk berkenalan. Justine sendiri baru mendengar pengakuan itu dari Elon setelah mereka jalan bersama selama beberapa tahun.

Di masa-masa perkuliahannya, pendiri PayPal itu bukan tipe anak gaul. Menurut Justine, Elon tergolong tipe cowok "ilmiah" yang senang menghadapi angka, perdagangan dan logika.

Setelah lulus kuliah, keduanya memutuskan menjalani kehidupan masing-masing. Justine mengajar di Jepang selama satu tahun, lalu kembali ke Kanada dan menjadi bartender sambil menyelesaikan novel karyanya.

Sedangkan Elon pindah ke Silicon Valley. Dia tinggal bersama tiga orang kawan sambil membangun perusahaan internet pertamanya, yaitu Zip2.

Sekitar November 1998, Elon mengajak Justine bertemu dengan pengacara yang menurutnya ingin membantu soal perjanjian keuangan. Dia berdalih bahwa direksi perusahaan barunya ingin mereka menandatangani perjanjian tersebut.

Mereka kemudian menikah pada 2000. Kondisi perekonomian Elon meningkat drastis. Dia bukan lagi seorang wirausahawan yang sedang berpayah-payah merintis bisnis, tapi sudah menjelma jadi orang berada.

Perusahaan Zip2 yang dibangunnya dulu sudah dijual. Uangnya dibelikan kondominium seluas 1.800 meter persegi, pesawat kecil, sebuah mobil mewah McLaren F1 dan sebagian besar lainnya dipakai untuk mengembangkan perusahaan keduanya, X.com yang merupakan cikal bakal PayPal.

Istri pajangan

Di titik ini, Justine mulai menyadari bahwa pernikahan mereka ternyata seperti sebuah skenario drama dengan awal dan akhir yang jelas.

Dua bulan setelah pernikahan mereka, Justine menandatangani perjanjian pasca menikah. Perjanjian yang ternyata membuatnya kehilangan segala hak sebagai istri Elon dalam kasus perceraian.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com