Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ajak Twitter Sebar Pesan Perdamaian

Kompas.com - 18/02/2016, 12:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selain berpidato di ajang ASEAN-AS Business Council di San Francisco, AS, Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri bertandang ke pusat industri teknologi Silicon Valley.

Pertama-tama, Jokowi mengunjungi kantor pusat Facebook di Mountain View untuk membicarakan kerja sama di sektor akses internet.

Selanjutnya, Presiden RI Joko Widodo bergegas ke kantor Twitter di kota San Francisco, Rabu (17/2/2016) waktu setempat. Kunjungan tersebut sekaligus menyudahi agenda resmi Jokowi di Silicon Valley.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak Twitter turut menyebarkan pesan toleransi dan perdamaian dunia. Ia juga melihat peran penting Twitter dalam demokrasi digital.  

"Saya sambut baik peran Twitter sebagai salah satu platform media penting dunia yang menyebarkan berbagai nilai positif bagi masyarakat seperti nilai demokrasi dan good governance," kata dia, sebagaimana tertera pada keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (18/2/2016).

Lebih jauh, Jokowi berharap Twitter dapat meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dalam menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan. Salah satunya menyangkut respons bencana.

Hal serupa telah disampaikan Jokowi pada KTT ASEAN AS di Sunnylands. Ia mendorong pemanfaatan media sosial sebagai salah satu instrumen menghadapi ekstrimis dan teroris.

Gagasan itu didasarkan fakta bahwa penyebaran paham ekstrimis dan ajakan bergabung dengan gerakan garis keras banyak dilakukan melalui media sosial. “Oleh karena itu, kita harus bekerja sama dengan media sosial dalam menyebarkan perdamaian,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com