Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Batik Hingga Kaos, Gaya Bos Silicon Valley Sambut Jokowi

Kompas.com - 19/02/2016, 07:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beda perusahaan, beda budaya, beda pula sambutan yang diterima Presiden RI Joko Widodo kala berkunjung ke empat perusahaan teknologi di Silicon Valley, San Francisco, Rabu (17/2/2016) waktu AS.

Keempat perusahaan itu adalah layanan mesin pencari Google, jejaring sosial Facebook, akselerator startup Plug and Play, serta layanan mikroblog Twitter.

Suasana batik di Google

Google jadi perusahaan pertama yang disambangi rombongan presiden. Suasana nusantara terasa tatkala CEO Sundar Pichai menyambut Jokowi dengan setelan batik coklat dan celana panjang hitam.

Kemenkominfo Presiden Jokowi sedang makan siang bersama CEO Google Sundar Pichai dan sejumlah pegawai Google yang berasal dari Indonesia

Tak hanya Pichai, beberapa jajaran pegawai Google yang turut bertemu Jokowi juga kompak mengenakan batik. Ada juga yang mengenakan setelan jas hitam, misalnya VP Project Loon Google Mike Cassidy.

Pada kesempatan itu, Pichai menyodorkan tiga paket bantuan untuk Indonesia. Ketiganya berkaitan dengan rencana pemerintah mencetak 1000 startup hingga 2020 mendatang.

Suasana santai di Facebook

Dari Google, rombongan presiden mengarah ke Markas Facebook. Di sana sudah ada jajaran pegawai Facebook yang menyambut, termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Kali ini Zuckerberg memilih mengenakan kaos abu-abu andalannya. Tampaknya Zuckerberg ingin menciptakan suasana santai dan kekeluargaan.

Hal itu semakin tercermin ketika Zuckerberg mengajak Jokowi bermain pingpong virtual menggunakan kacamata pintar Oculus Rift. Keduanya tampak menikmati pengalaman masuk ke realitas virtual.

Presiden Joko Widodo bermain ping pong secara virtual dengan pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerbert, Kamis (19/2/2016) di Markas Facebook, Silicon Valley, AS

Meski santai, Zuckerberg dan Jokowi tak lupa membahas agenda utama pertemuan mereka, yakni soal kerja sama di sektor konektivitas internet.

Zuckerberg antusias membantu Indonesia mewujudkan visi menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

Ini adalah kali kedua Zuckerberg bertemu Jokowi. Beberapa tahun lalu Zuckerberg pernah datang ke Jakarta dan menemani Jokowi "blusukan" di sebuah pasar tradisional di Jakarta.

Kala itu Zuckerberg justru tampil rapi mengenakan jas sementara Jokowi berbatik. Mungkin, ini karena waktu itu Zuckerberg lah yang mengunjungi Jokowi.

Diskusi startup di Plug and Play

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com