Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Samsung, Asus Rajai Pasar Ponsel Indonesia

Kompas.com - 21/02/2016, 11:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Asus menggeser Samsung sebagai pemimpin pasar smartphone di Indonesia pada periode kuartal empat 2015 lalu. Demikian tertulis dalam laporan IDC Quarterly Mobile Phone Tracker yang baru saja dirilis.

Menurut IDC, pangsa pasar Asus di akhir tahun (kuartal empat tahun 2015) mencapai 21,9 persen, naik dari 11,0 persen di periode yang sama tahun 2014.

Sementara Samsung yang pada kuartal empat 2014 memiliki pangsa pasar terbesar yaitu 21,9 persen, akhir tahun lalu atau pada kuartal empat 2015 berada di bawah Asus dengan pangsa pasar 19,7 persen.

"Asus mengapalkan smartphone dalam jumlah lebih besar pada kuartal empat 2015, karena beberapa model ponsel baru yang diluncurkan di akhir kuartal tiga 2015 pengirimannya sampai pada kuartal empat 2015," kata Reza Haryo, Senior Market Analyst, Mobile Phones IDC dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (20/2/2016).

Selain itu, menurut Haryo, model-model ponsel baru Asus seperti Zenfone Go dan Zenfone Selfie yang diluncurkan pada periode yang sama juga turut mendukung penjualan Asus.

"Asus juga melakukan tindakan pre-emptive dengan menumpuk banyak stok ponsel Zenfone di Indonesia sebelum izin impor Asus habis di kuartal empat," jelas Haryo.

Berikut adalah daftar 5 besar penguasa pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal empat 2015, menurut data IDC:

Asus: 21,9 persen
Samsung: 19,7 persen
Smartfren: 9,7 persen
Lenovo: 9,2 persen
Advan: 8,8 persen

Lain-lain: 30,7 persen

Laporan lebih lengkapnya bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com